1. SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Satuan Pendidikan :
SMP
Kelas : VII
Kompetensi Inti :
KI
1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
:
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI
3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
KI
4
|
:
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|
|
|
|
|
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis,
analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah
menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa
ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa
percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman
belajar.
2.3 Memiliki sikap
terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam
interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
|
|
|
|
|
|
3.2 Menjelaskan
pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan
dan menunjukkan contoh dan bukan contoh.
|
Himpunan
· Pengertian Himpunan
· Himpunan Semesta
· Himpunan Kosong
· Diagram Venn
· Relasi Himpunan
· Operasi Himpunan
|
Mengamati
§
Mengamati peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep himpunan, seperti kumpulan hewan, kumpulan alat tulis, kumpulan tumbuhan, dan lain
sebagainya
§
Mengamati tayangan
gambar/video misalkan
tentang peserta piala dunia masing-masing
grup, kumpulan hewan, buah-buahan, kendaraan bermotor,
atau kegiatan di pasar dan lain sebagainya.
§
Mengamati tayangan gambar/video
misalkan negara peserta piala dunia yang diawali huruf ‘S’, ‘B’ atau huruf
lainnya, dan sebagainya
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya: misal bagaimana mengelompokkan suatu
benda?
Apa kriteria yang digunakan? Mana yang masuk anggota
kelompok dan mana bukan? Misalkan coba kelompokan mana dari
tanyangan video/gambar, negara peserta grup A? Sebutkan nama siswa yang
berawalan huruf K yang ada dikelasmu?
§
Siswa termotivasi untuk berdiskusi dan mempertanyakan tentang himpunan, missal: apa kriteria untuk mengelompok benda telah
jelas? Adakah kelompok benda tanpa kriteria yang jelas? Bagaimana kaitannya
dengan himpunan?
Mengeksplorasi
§
Menjelaskan,
menguraikan, mendeskripsikan kriteria yang digunakan untuk mengkalisifikasi
dan mengelompokkan benda-benda
§
Menjelaskan himpunan
melalui contoh dengan bantuan diagram, gambar atau cara lainnya
§
Menyebut dan menuliskan mana yang merupakan himpunan dan bukan himpunan atau kumpulan benda
dari berbagai kumpulan benda atau gambar benda dari
hasil pengamatan
§
Berdiskusi, membahas,
menjelaskan dan menuliskan cara menyajikan himpunan: dengan mendaftar anggota-anggotanya,
dengan kata-kata, diagram dan dengan notasi pembentuk himpunan berdasarkan
pengelompokan dari hasil pengamatan
§
Berdiskusi, membahas,
dan memilih cara penyjian himpunan berdasarkan karakteristik anggotanya
§
Menentukan anggota dan
banyak anggota himpunan dari kelompok tertentu berdasarkan pengelompokan dari
hasil pengamatan
§
Menjelaskan,
mencontohkan dan menyatakan himpunan kosong, nol, berhingga, tak berhingga
menggunakan konteks nyata
§
Menjelaskan,
mencontohkan dan menyatakan jenis, cakupan dan karakteristik himpunan semesta
dari kelompok benda/ himpunan bilangan berdasarkan pengelompokan dari hasil
pengamatan
§
Menjelaskan
karakteristik dan menentukan himpunan bagian dan banyaknya himpunan bagian
dari kelompok benda/ himpunan berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§
§ Mendeskripsikan dan menentukan komplemen dari kelompok benda/ himpunan
berdasarkan pengelompokan dari hasil pengamatan
§
Menjelaskan
karakteristik keanggotaan dan menentukan karakteristik keanggotaan dan hasil
irisan dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§
Menjelaskan
karakteristik keanggotaan dan menuliskan hasil gabungan dari dua atau lebih
dari kelompok benda/himpunan
§
Menjelaskan
karakteristik keanggotaan dan
menuliskan hasil pengurangan atau selisih dari dua atau lebih dari kelompok
benda/himpunan
§
§
Menggambar berbagai
bentuk diagram venn dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan
§
Menjelaskan dan
menyebutkan hubungan himpunan dari dua atau lebih dari kelompok
benda/himpunan
§
Diskusi menyelesaikan
dari dua atau lebih dari kelompok benda/himpunan permasalahan dalam
keseharian yang melibatkan konsep himpunan
Mengasosiasi
§
Menganalisis dan menyimpukan pentingnya penggunaan konsep himpunan dalam kehidupan
sehari-hari melalui berbagai contoh
§
Menganalisis, mengkaitkan,
dan mendeskripsikan perbedaan yang merupakan himpunan dan bukan himpunan
§
Menganalisis dan meyimpulkan perbedaan himpunan nol dan himpunan kosong
§
Menganalisis, merumuskan
dan menyimpulkan himpunan kosong merupakan himpunan bagian dari setiap kelompok
himpunan manapun
§
Menganalisis dan
membandingkan operasi-operasi yang berlaku pada himpunan dengan operasi
aljabar pada bilangan
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan konsep himpunan berdasarkan hasil diskusi dan
pengamatan
§
Memberikan tanggapan hasil
presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan
informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya.
|
Tugas
§
Tugas terstruktur: mengerjakan
latihan soal-soal yang berkaitan dengan himpunan
§
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencari informasi seputar sejarah tokoh teori himpunan
Observasi
Pengamatan
selama KBM tentang:
§
ketelitian
§
rasa ingin tahu
§
dll.
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan himpunan kemudian didskusikan dan direfleksikan
Tes
Mengerjakan
lembar kerja berkaitan dengan himpunan:
§ himpunan bagian
§ komplemen
§ operasi
himpunan
§
diagram Venn
|
20 JP
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud,
Benda di lingkungan.
|
3.1 Membandingkan dan
mengurutkan berbagai jenis bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan
bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.
|
Bilangan
· Bilangan Bulat
· Operasi Hitung Bilangan Bulat
· Perpangkatan Bilangan Bulat
· Bilangan Pecahan
· Operasi Hitung Bilangan Pecahan
· Bilangan Rasional
|
Mengamati
§
Mengamati peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan
bulat, seperti temperatur atau suhu berbagai benda, ketinggian pohon atau
daratan, dan sebagainya
§
Mengamati tayangan video/gambar
misalkan tentang keadaan suhu
diberbagai negara, ketinggian suatu wilayah di berbagai daerah
§
Mengamati peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan
pecahan, seperti potongan benda/buah atau potongan dari gambar benda/buah,
dan sebagainya
§
Mengamati tayangan video/gambar
misalkan tentang selembar kain/kertas yang dipotong menjadi beberapa bagian,
kue ulang tahun yang dipotong-potong untuk dibagikan, dan sebagainya
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya: misal bagaimana dulu manusia mengenal dan menggunakan bilangan?
Sejak kapan siswa menggunakan bilangan dan untuk apa? Apa perbedaan bilangan
asli, bilangan cacah
§
Siswa termotivasi untuk
mempertanyakan berbagai aspek bilangan, misal: adalah bilangan terkecil?
terbesar? Bagaimana cara kerja perangkat komputer menghitung hasil operasi
bilangan? Mengapa perkalian dengan nol hasilnya nol? Adakah hasil bagi dengan
nol? Dan sebagainya
Mengeksplorasi
Penjumlahan
§
Menyebut dan menuliskan berbagai bilangan
dari berbagai kumpulan benda atau gambar benda
§
Membandingkan dan mengurutkan
sekelompok bilangan dari terkecil
§
Menggambar garis bilangan dan
menempatkan sekelompok bilangan pada garis bilangan yang tepat
§
Menulis bentuk penjumlahan dari
berbagai gabungan dua kumpulan benda
§
Mengingat dan mencongak penjumlahan
bilangan sampai 20 dengan berbagai cara
§
Menentukan nilai tempat suatu angka
pada sebuah bilangan
§
Menyimpulkan sifat penjumlahan
dengan bilangan nol dan sifat hasil penjumlahan berbagai bilangan dengan
berbagai urutan
§
Menjumlah dua bilangan dengan cara
susun panjang, susun pendek atau cara lainnya
Pengurangan
§
Menulis bentuk pengurangan dari
pengambilan sejumlah benda dari sekumpulan benda
§
Menuliskan bentuk pengurangan dari
bentuk penjumlahan yang diberikan atau sebaliknya
§
Mengingat dan mencongak pengurangan
bilangan sampai 20 dengan berbagai cara
§
Menyimpulkan sifat pengurangan
dengan bilangan nol
§
Mengurang dua bilangan dengan cara
susun panjang, susun pendek atau cara lainnya
Perkalian
§
Menulis bentuk perkalian dari
sejumlah benda yang terbagi ke dalam kelompok-kelompok benda dengan jumlah
yang sama dan menghitung hasilnya
§
Menulis bentuk perkalian dari bentuk
penjumlahan berulang dan menghitung hasilnya
§
Mengingat dan mencongak perkalian
bilangan sampai 100 dengan berbagai cara
§
Menyimpulkan sifat perkalian dengan
satu dan sifat hasil perkalian berbagai bilangan dengan berbagai urutan
§
Menghitung hasil perkalian dua
bilangan dengan cara susun panjang, susun pendek atau cara lainnya
Pembagian
§
Menulis bentuk pembagian dari
sejumlah/sekelompok benda yang diberikan kepada sejumlah orang dengan jumlah
yang sama dan menghitung berapa orang yang mendapat bagian yang sama
§
Menulis bentuk pembagian dari bentuk
pengurangan berulang
§
Menulis bentuk pembagian dari bentuk
perkalian yang diberikan dan sebaliknya
§
Mengingat dan mencongak pembagian
bilangan sampai 100 dengan berbagai cara
§
Menyimpulkan sifat pembagian dengan
satu, serta sisa hasil pembagian
§
Menghitung hasil pembagian dua
bilangan dengan cara susun panjang, susun pendek atau cara lainnya
Operasi campuran
§
Menghitung hasil operasi campuran
yang melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan
cacah sesuai aturan
Operasi bilangan bulat
§
Menuliskan bilangan dari fenomena sehari-hari
yang berkaitan dengan temperatur atau suhu berbagai benda, ketinggian pohon
atau daratan, dan sebagainya
§
Membandingkan bilangan negatif
melalui konteks sehari-hari yang relevan melalui istilah lebih dingin, lebih
tinggi dan sebagainya dari kejadian sehari-hari
§
Membandingkan dan mengurutkan
sekelompok bilangan bulat dari terkecil
§
Menggambar garis bilangan dan
menempatkan sekelompok bilangan bulat pada garis bilangan yang tepat
§
Menjumlah dan mengurang dua bilangan
bulat dengan bantuan garis bilangan atau cara lainnya
§
Menghitung hasil perkalian bilangan
bulat melalui penjumlahan berulang atau cara lainnya
§
Menemukan cara dan menghitung hasil
pembagian bilangan bulat dari bentuk perkaliannya atau cara lainnya
§
Menyimpulkan sifat penjumlahan,
pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan bulat
Operasi bilangan pecahan
§
Menuliskan nilai pecahan dari
fenomena sehari-hari seperti pemotongan benda menjadi beberapa bagian dan
sebagainya
§
Menyatakan suatu pecahan ke dalam
berbagai bentuk gambar dan sebaliknya
§
Menggambar garis bilangan dan
menempatkan sekelompok pecahan pada garis bilangan yang tepat
§
Menyatakan suatu pecahan ke bentuk
pecahan lain yang senilai dengan berbagai cara
§
Membandingkan dan mengurutkan
sekelompok pecahan dari terkecil melalui representasi gambar atau
kedudukannya dalam garis bilangan atau cara lainnya
§
Menghitung hasil penjumlahan pecahan
melalui representasi gambar
§
Menjumlah dan mengurang pecahan
berpenyebut sama
§
Menjumlah dan mengurang pecahan
berpenyebut tidak sama dengan mengubah pecahan-pecahan ke bentuk pecahan lain
dengan penyebut sama
§
Menghitung hasil perkalian pecahan
melalui representasi gambar, secara aljabar atau cara lainnya
§
Menemukan cara dan menghitung hasil
pembagian pecahan dari bentuk perkaliannya
§
Mengubah pecahan ke bentuk desimal
dan persen
§
Melakukan penjumlahan, pengurangan,
perkalian dan pembagian pecahan desimal dengan cara susun pendek atau cara
lainnya
§
Menghitung hasil operasi campuran
yang melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan
bulat dan pecahan sesuai aturan
Mengasosiasi
§
Menganalisis dan menyimpulkan
melalui penalaran induktif (dalam bentuk verbal) bahwa tidak ada bilangan
terkecil atau terbesar,artinya jika diberikan sembarang bilangan selalu dapat
ditunjukkan bilangan yang lebih besar atau lebih kecil dari bilangan yang
diberikan
§
Menganalisis dan menyimpulkan
penjumlahan bersifat komutatif (dapat dipertukarkan) melalui pengamatan pola
atau secara aljabar
§
Menunjukkan melalui contoh bahwa
pengurangan dan pembagian tidak bersifat komutatif
§
Menganalisis dan menyimpulkan
perkalian bersifat komutatif (dapat dipertukarkan) melalui pengamatan pola
atau secara aljabar
§
Menunjukkan bahwa perkalian dengan
nol hasilnya nol melalui contoh atau secara aljabar
§
Menganalisis dan menyimpulkan
penjumlahan dan perkalian bersifat asosiatif (dapat dikelompokkan urutan
operasinya) melalui pengamatan pola atau secara aljabar
§
Menganalisis dan menyimpulkan sifat
distributif (penyebaran) penjumlahan/pengurangan terhadap perkalian/pembagian
melalui pengamatan pola atau secara aljabar
§
Menganalisis, mengkaitkan dan
menyimpulkan kedudukan bilangan asli, bilangan cacah, bilangan bulat dan
bilangan pecahan, serta bilangan rasional
§
Menceritakan masalah yang berkaitan
dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan ke dalam bahasa sendiri,
dalam bentuk diagram, ataupun ke bentuk representasi lainnya
§
Menjelaskan konsep, operasi hitung
yang sesuai dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung
bilangan bulat dan pecahan
§
Menetukan model atau kalimat
matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung
bilangan bulat dan pecahan
§
Memilih strategi atau cara dan
menyelsaikan model atau kalimat matematika dari masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
§
Menetukan solusi dan memeriksa masuk
akalnya solusi dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung
bilangan bulat dan pecahan
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan operasi
hitung atau aljabar yang dikuasai, contoh masalah yang diselesaikan dengan
bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
§
Memberikan tanggapan hasil
presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan
informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya.
|
Tugas
§
Tugas terstruktur: mengerjakan
latihan soal-soal yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan
pecahan
§
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencari informasi sejarah bilangan dan pecahan dalam konteks sehari-hari
Observasi
Pengamatan
selama KBM tentang:
§
ketelitian
§
rasa ingin tahu
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan bilangan kemudian disusun , didiskusikan
dan direfleksikan
Tes
Mengerjakan
lembar kerja berkaitan bilangan bulat dan pecahan
§ penjumlahan
§ pengurangan
§ perkalian
§ pembagian
|
15 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan.
Alat peraga operasi bilangan
|
3.5. Memahami
pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan)
4.1 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan
masalah.
|
Bilangan
· Pola Bilangan
|
Mengamati
§
Mengamati video/foto atau peristiwa, kejadian, fenomena,
konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan pola bilangan, pola geometris, atau pola peristiwa ,
seperti menentukan pola selanjutnya dari deretan kursi, pola
kejadian suatu bencana, dsb.
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya: misal bagaimana dulu manusia mengenal dan menggunakan suatu pola? Apa itu pola? Bagaimana menentukan pola berikutnya?bagaimana menentukan suatu pola
§
Siswa termotivasi untuk
mempertanyakan berbagai konsep pola bilangan,
misal: adalah bagaimana menerapkan memprediksi event, kejadian,
peristiwa berikutnya berdasar pola yang teramati? Seberapa akurat/teliti pola
Mengeksplorasi
§ Mendiskusikan dan menjelaskan alasan dalam memprediksi berbagai
kemungkinan pola bilangan, pola geometris berdasarkan data yang disediakan
§ Menyusun atau membuat pola bilangan dan pola geometris tertentu dan
meminta teman dalam kelompok untuk memprediksi polanya dan menjelaskan alasan
logis yang dibuatnya
§ Mendiskusikan dan menjelaskan alasan dalam memprediksi aturan dari
barisan bilangan dan barisan geometris berdasarkan data yang disediakan
§ Menyusun atau membuat barisan bilangan dan barisan geometris tertentu
dan meminta teman dalam kelompok untuk memprediksi aturan dan menjelaskan
alasan logis yang dibuatnya
§ Dengan
permainan beberapa siswa memperagakan pola bilangan dengan alat peraga
(kartu, batang korek api, kelereng, dll) secara kreatif.
§ Secara
demokratis berkelompok melakukan demonstrasi untuk mengenalkan pola barisan
bilangan. Dari aktivitas tersebut
dapat menemukan apa yang dimaksud dengan pola barisan bilangandan menemukan
unsur-unsur pada masing-masing pola barisan bilangan yang ada dengan penuh
tanggung jawab
§ Secara
berkelompok melakukan observasi pada
barisan aritmatika dan barisan geometri dengan teliti. Dari aktivitas itu
Peserta Didik diharapkan dapat memahami pengetian barisan aritmatika, barisan
geometri, perbedaan barisan aritmatika dan barisan geometri dan
unsur-unsurnya. Selanjutnya Peserta Didik dibimbing untuk menentukan suku tertentu dari barisan
aritmatika dan barisa geometri.
Mengasosiasi
§
Mengidentifikasi, menganalisis
dan membedakan pola, barisan dan deret berdasarkan
hasil pengamatan pola, barisan dan deret
§
Menetapkan aturan dan
kriteria suatu barisan dan menuliskan, menggambarkan barisan yang terjadi
§
Menganalisis perbedaan
pola barisan aritmetika dengan barisan geometri
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan menentukan suatu pola, contoh masalah yang diselesaikan
dengan bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi,
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya.
|
Tugas
§
Tugas terstruktur: mengerjakan
latihan soal-soal berkaitan dengan pola bilangan
§
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencari informasi sejarah seputar pola
Observasi
§
Mengamati ketelitian, rasa ingin
tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan pola bilangan kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
§
Mengerjakan lembar kerja berkaitan
dengan pola suatu bilangan
§
Menilai keterampilan memecahkan masalah yang melibatkan suatu pola
|
10 JP
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud, lingkungan.
Alat peraga pola
bilanagn
|
3.6.
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun
datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas;
3.8. Menaksir dan menghitung luas permukaan
bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan
prinsip-prinsip geometri;
4.7.
Menyelesaikan permasalahan nyata
yang terkait penerapan sifat-sifat persegipanjang, persegi,
trapesium, jajargenjang, belahketupat, dan layang-layang.
|
Segiempat dan Segitiga
·
Sifat-sifat Segiempat
·
Keliling dan Luas Segiempat
·
Sifat-sifat Segitiga
·
Luas dan Keliling Segitiga
|
Mengamati
§
Mengamati gambar/foto/video dari peristiwa, kejadian, fenomena,
konteks atau situasi yang berkaitan dengan penerapan
konsep segitiga dan segiempat, seperti pembuatan sebuah rangkai atap bangunan yang berbentuk segitiga, bentuk
jendela, kaca, pintu, kebun berpetak dan lain sebagainya
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya: misal bagaimana seorang tukang bangunan,
arsitek, desainer interior, dsb dalam membuat sebuah rangkaian bangunan yang
melibatkan bentuk segitiga dan segiempat.
§
Siswa termotivasi untuk
mempertanyakan berbagai aspek segitiga dan
segempat, misal bagaimana menyusun modelnya, melukisnya, dsb serta penerapan
bangun datar pada kehidupan sehari-hari
Mengeksplorasi
§ Mengidentifikasi dan menjelaskan benda-benda dengan permukaaan
berbentuk segitiga atau segiempat yang bersifat alamiah ataupun buatan
manusia untuk kepentingan estetik, fungsi, manfaat, ataupun fungsi
ergonomisnya
§ Menggambar
atau melukis segitiga dan segi empat dengan berbagai
ukuran sisi, sudut dan modelnya. Mengukur sudutnya dengan dengan
menggunakan busur derajat
§ Menentukan
jenis, sifat dan karakteristik segitiga dan segiempat berdasarkan ukuran dan
hubungan antar sudut dan sisi-sisi
§ Mendiskusikan dan menemukan rumus untuk menghitung keliling dan luas
persegi panjang dan segitiga melalui pengamatan atau eksperimen
§ Menggambar, mendemonstrasikan atau memperagakan berbagai bangun
segitiga dan persegi panjang dengan luas atau keliling tertentu dengan
bantuan alat atau tanpa alat peraga
§ Mendiskusikan dan menjelaskan cara menghitung luas segi empat lainnya
(trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang) atau bangun
gabungan melalui pengamatan atau eksperimen
§ Mendiskusikan cara menaksir luas bangun datar tidak beraturan
§ Melukis
segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu
sisi dan dua sudut
§ Melakukan
diskusi cara melukis segitiga sama sisi dan segitiga sama kaki, garis
bagi , garis berat dan garis sumbu
§ Mendiskusikan, membahas dan menjelaskan serta menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan perbandingan sisi-sisi, sudut pada segitiga dan segi
empat serta masalah keliling dan luas
§ menyusun
beberapa potongan puzzle menjadi bangun segi
empat tertentu
serta mendiskusikan dan mengidentifikasi sifat
– sifat persegi , persegi panjang , trapezium , jajaran genjang belah ketupat
dan layang-layang melalui bangun- bangun datar.
Mengasosiasi
§
Menganalisis dan melukis berbagai jenis segitiga dengan karakteristik tertentu
dengan menggunakan penggaris dan jangka
§
Menganalisis,
mengkaitkan dan mendefinisikan secara lebih persis perbedaan dan persamaan
segitiga siku-siku, segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, segitiga lancip,
segitiga tumpul, persegi, persegi panjang, trapezium, jajar genjang, belah
keupat, layang-layang
§
Menganalisis persamaan
dan perbedaan dari garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu
suatu segitiga
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan mengidentifikasi sifat-sifat segitiga yang dikuasai, contoh menyebutkan sifat-sifat segitiga dari hasil pengamatan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan mengidentifikasi sifat-sifat segiempat yang dikuasai, contoh menyebutkan sifat-sifat segitiga dari hasil pengamatan
§
Memberikan tanggapan hasil
presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan
informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya.
|
Tugas
§
Tugas terstruktur: mengerjakan
latihan soal-soal berkaitan dengan segiempat dan segitiga
§
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencari informasi sejarah segitiga dan
mencari informasi seputar macam-macam segiempat
Observasi
§
Mengamati ketelitian, rasa ingin
tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan segiempat dan segitiga kemudian
disusun, didiskusikan dan
direfleksikan
Tes
§
Mengerjakan lembar kerja berkaitan
dengan segitiga dan segiempat
§
Menilai keterampilan memecahkan permasalahan keseharian yang melibatkan segitiga dan segiempat
|
25 JP
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud, lingkungan.
Alat peraga segiempat
dan segitiga
|
|
|
Garis dan Sudut (Pengayaan)
Mengamati
§
Mengamati gambar/foto/video dari peristiwa, kejadian, fenomena,
konteks atau situasi yang berkaitan dengan penerapan
konsep garis dan sudut seperti pembuatan sebuah rangkai atap bangunan yang membentuk garis dan sudut
§
Mengamati tayangan gambar/video
misalkan objek bangunan, tiang listrik, jalur rel kereta api, dan sebagainya
untuk menentukan kedudukan dua garis
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya: misal bagaimana seorang tukang bangunan,
arsitek, desainer interior, dsb dalam membuat sebuah rangkaian bangunan yang
melibatkan bentuk garis dan sudut.
§
Siswa termotivasi untuk
mempertanyakan berbagai aspek garis dan
sudut, misal bagaimana menyusun modelnya, melukisnya, dsb serta penerapan
garis dan sudut pada kehidupan
sehari-hari
Mengeksplorasi
§ Mengidentifikasi dan menjelaskan benda-benda yang melibatkan sudut dan
garis yang bersifat alamiah ataupun buatan manusia untuk kepentingan estetik,
fungsi, manfaat, ataupun fungsi ergonomisnya
§ Menggambar
atau melukis garis dan sudut dengan menggunakan
penggaris, jangka dan busur derajat
§ Menentukan
titik, garis, dan bidang
§ Menentukan kedudukan kedua garis
§ Menentukan hubungan antar sudut dengan menggunakan alat peraga mapun
tanpa alat peraga
Mengasosiasi
§
Menganalisis dan melukis berbagai garis dan sudut dengan karakteristik tertentu
dengan menggunakan penggaris, jangka,
dan busur derajar
§
Menganalisis,
mengkaitkan hubungan antara garis dengan sudut
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan mengidentifikasi tentang kedudukan garis dan hubungan antar sudut
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan mengidentifikasi sifat-sifat segiempat yang dikuasai, contoh menyebutkan sifat-sifat segitiga dari hasil pengamatan
§
Memberikan tanggapan hasil
presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan
informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya.
|
Tugas
§
Tugas terstruktur: mengerjakan
latihan soal-soal berkaitan dengan garis dan sudut
§
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencari informasi seputar garis dan sudut
Observasi
§
Mengamati ketelitian, rasa ingin
tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan garis dan sudut kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
§
Mengerjakan lembar kerja berkaitan
dengan garis dan sudut
§
Menilai keterampilan memecahkan masalah yang melibatkan suatu garis dan sudut
|
10 JP
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud,
lingkungan.
Alat peraga bilan gan, berbagai bangun
|
3.4 Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa
perbandingan dalam
mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih;
4.4.
Menggunakan konsep
perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan
grafik.
4.5 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang
tidak diketahui menggunakan grafik
|
Perbandingan dan Skala
· Pengertian Perbandingan
· Jenis-jenis Perbandingan
· Skala sebagai perbandingan
|
Mengamati
§
Mengamati gambar/foto/video peristiwa, kejadian, fenomena,
konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep perbandingan, seperti peta, denah, maket, foto, komposisi bahan makanan pada resep,
komposisi obat pada resep obat, dsb
Menanya
§ Guru
dapat memotivasi siswa dengan bertanya: misal bagaimana dulu manusia untuk membedakan ukuran berat dari dua buah besaran yang berbeda? Mengapa konsep perbandingan sangat diperlukan dalam kehidupan
sehari-hari? Sebutkan penerapan konsep perbandingan yang kalian ketahui? Apa
perbedaan Perbandingan dengan membandingkan selisih
diantara dua buah benda dengan membandingkan hasil bagi dari dua buah benda
§
Siswa termotivasi untuk
mempertanyakan berbagai penerapan konsep
perbandingan,
misal: bagaimanana membuat denah untuk objek 3 dimensi,
teknik membaca/ mendeskripsikan peta, dsb
Mengeksplorasi
§ Menggambar denah atau peta letak suatu benda/rumah dengan benda-benda
lain tanpa skala dan dengan skala dilengkapi dengan unsur-unsur pelengkap
peta
§ Mendiskusikan, membahas dan menentukan nilai perbandingan atau skala
dari peta, serta menghitung ukuran sebenarnya benda dalam peta/denah/foto
berdasarkan skalanya
§ Melakukan
pengukuran pada model (gambar, denah, peta) untuk
menentukan jarak atau ukuran sebenarnya
§ Mendiskusikan, membahas dan menentukan nilai perbandingan dari
komposisi bahan makanan, bahan obat pada resep, bahan bangunan dsb serta
menghitung bahan yang diperlukan dalam resep/gedung dsb berdasarkan nilai
perbandingan.
§ Menjelaskan, mendeskripsikan, menggambarkan dalam bentuk ilustrasi, gambar,
diagram ataupun cara lainnya serta merumuskan model matematika dari konsep
perbandingan sebagai hubungan fungsional antara suatu besaran dengan besaran
lain berbentuk perbandingan
seharga(senilai), perbandingan berbalik harga(nilai) baik yang bersifat linear ataupun non linear dalam masalah
sehari-hari ataupun dalam matematika
§ Mendiskusikan
masalah dan strategi
menyelesaikan masalah nyata yang melibatkan konsep perbandingan serta membaca
table atau grafik untuk membantu menyelesaikan masalah perbandingan untuk
menaksir nilai besaran yang belum diketahui
Mengasosiasi
§ Mengidentifikasi, menganalisis dan menemukan atau merumuskan melalui pengamatan pola untuk menentukan
jumlah atau kuantitas suatu besaran apabila nilai perbandingan dan selisih
atau jumlah dua besaran diketahui
§
Menganalisis fenomena,
peristiwa, kejadian suatu besaran untuk menyimpulkan perbandingan senilai
atau perbandingan berbalik nilai berdasarkan data yang diketahui
§
Menganalisis dan
memprediksi atau menyimpulkan batasan atau ketentuan berlakunya hubungan dua
besaran yang bersifat fungsional dengan perbandingan tertentu
§
Membuat keterkaitan
antara penyelesaian suatu permasalahan yang melibatkan perbandingan dengan
tabel dan grafik
§
Membuat kesimpulan cara
yang termudah dan keakuratan dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang
melibatkan konsep perbandungan apakah dengan tabel atau grafik.
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan penerapan konsep perbandingan yang dikuasai, contoh menyelesaikan permasalahan yang melibatkan konsep perbandingan
§
Memberikan tanggapan hasil
presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan
informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya.
|
Tugas
§
Tugas terstruktur: mengerjakan
latihan soal-soal berkaitan dengan perbandingan
§
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencari seputar penggunaan perbandingan dan skala dalam kehidupan sehari-hari
Observasi
Pengamatan
selama KBM tentang:
§
ketelitian
§
rasa ingin tahu
§
dll.
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan perbandingan dan skala kemudian
disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
Mengerjakan
lembar kerja berkaitan perbandingan:
§ identifikasi hubungan fungsional seharga, berbalik nilai, linear dan
non linear
§ penerapan perbandingan dalam matematika dan di luar matematika
|
10 JP
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud,
Peristiwa sehari-hari dan
lingkungan.
|
3.3 Menyelesaikan Menyelesaikan persamaan dan
pertaksamaan linear satu variabel
4.3 Membuat dan menyelesaikan model
matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel.
|
Persamaan dan Pertidaksmaan Linear satu
Variabel
· Kalimat Tertutup
· Kalimat Terbuka
· Pengertian Persamaan Linear Satu Variabel
· Pengertian Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
· Penyelesaian Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
|
Mengamati
§
Mengamati gambar/foto/video peristiwa, kejadian, fenomena,
konteks atau situasi yang berkaitan dengan hubungan
fungsional atau penggunaan persamaan
linear satu variabel, seperti panas benda
dengan ukuran panjang, kecepatan dan jarak tempuh dsb, serta hubungan fungsional
atau penggunaan
pertidaksamaan linear satu variabel,
seperti., seperti usia minimal mendapatkan SIM, tonase kendaraan angkut dsb.
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya berbagai kejadian perubahan besaran yang berakibat
pada perubahan besaran lainnya
§
Siswa termotivasi untuk
mempertanyakan bagaimana tingkat pengaruh perubahan berdampak pada
perubahan besaran lainnya, misal: kecepatan datangnya banjir dengan lebar
sungai, kecepatan berbagai jenis kendaraan yang dipengaruhi oleh kndisi jalan,
dsb
Mengeksplorasi
§ Membahas, mendiskusikan dan menjelaskan peristiwa,
kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang merupakan
hubungan fungsional atau berkaitan dengan persamaan/pertidaksamaan linear
satu variable
§ Menyatakan berbagai peristiwa, kejadian, fenomena,
konteks atau situasi yang ke bentuk ekspresi
aljabar secara umum dan yangberupa persamaan/pertidaksamaan linear satu
variable
§ Menyatakan suatu persamaan/pertidaksamaan linear satu variable ke
dalam bahasa verbal sehari-hari dan memberikan contoh-contoh
peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan ekspresi tersebut
§ Mendeskripsikan dan mengidentifikasi variable, koefisien, konstata dan
derajat dari persamaan/pertidaksamaan linear satu variable
§ Mendiskusikan
cara penyelesaian persamaan linear/pertidaksamaan satu variabelmelalui
memanipulasi aljabar untuk menentukan bentuk paling sederhana yang setara
dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi
dengan bilangan yang sama
§ Mendiskusikan
dan menjelaskan perbedaan
kesamaan, persamaan, ketidaksamaan, dan pertidaksamaan, persamaan
linier satu variabel dan pertidaksamaan linier satu variabel
§ memberikan
contoh kasus keseharian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel dan menyusunnya dalam model matematika yang sesuai.
Mengasosiasi
§
mengidentifikasi,
menganalisis dan mendeskripsikan kalimat terbuka atau tertutup bentuk linear,
kalimat yang memiliki nilai kebenaran, kalimat yang tidak memiliki nilai
kebenaran
§
Mengidentifikasi,
menganalisis dan menjelaskan argumentasi kesetaraan berbagai bentuk
persamaan/pertidaksamaan linear satu variabel
§
Menganalisis, memodelkan
dan keterkaitan antara bentuk persamaan/pertidaksamaan nonlinear satu
variable yang dapat diselesaikan dengan mengubah ke bentuk linear
§
Menyimpulkan dan menguji
kebenaran pengertian persamaan/pertidaksamaan linear satu variable
berdasarkan contoh-contoh yang telah dipelajari
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan dalam menyelesaikan persamaan linear satu variabel,
contoh masalah persamaan/pertidaksamaan linear satu variabel yang
diselesaikan dengan bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
§
Memberikan tanggapan hasil
presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan
informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya
|
Tugas
§
Tugas terstruktur: mengerjakan
latihan soal-soal yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear
satu variabel
§
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencari informasi seputar penggunaan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel dalam kehidupan sehari-hari
Observasi
Pengamatan
selama KBM tentang:
§
ketelitian
§
rasa ingin tahu
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variabel kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
Mengerjakan
lembar kerja berkaitan persamaan linear:
§ bentuk verbal/konteks dari PLSV/ PtLSV
§ kesetaraan PLSV/ PtLSV
§
solusi PLSV/ PtLSV
|
20 JP
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud, lingkungan.
|
4.2
Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana.
|
Aritmetika Sosial
· Nilai Suatu Barang
· Harga Penjualan
· Harga Pembelian
· Untung
· Rugi
· Diskon, Pajak, Bruto, Tara, dan Netto
· Bunga Tunggal
|
Mengamati
§
Mengamati peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep aljabar dalam masalah aritmatika sosial, seperti proses transaksi jual beli dalam perdagangan disebuah kantin sekolah,
bentuk lembah gunung, reproduksi makhluk hidup dsb.
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya bagaimana aktifitas sehari-hari yang melibatkan
penggunaan bilngan, besaran-besaran yang nilai dipengaruhi oleh besaran lain,
misal:harga dan kualitas barang, kecepatan dan waktu tempuh, dsb.
§
Siswa termotivasi untuk
mempertanyakan apakah berbagai kejadian sehari-hari dapat
dimodelkan dengan rumus tertentu, dsb.
Mengeksplorasi
§ Membahas, mendiskusikan dan menjelaskan peristiwa,
kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan
dengan ekspresi atau bentuk aljabar
§ Menyatakan suatu bentuk aljabar ke dalam bahasa verbal sehari-hari dan
memberikan
contoh-contoh peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan ekspresi tersebut
§ Mendeskripsikan dan mengidentifikasi variable, koefisien, konstata dan
derajat dari ekpresi aljabar
§ Mendiskusikan, membahas, mengidentifikasi dan mendeskripsikan masalah
sederhana aritmetika social (seperi berbagai bentuk transaksi jual beli,
pendapatan dan belanja di keluarga atau lembaga, simpan pinjam, bunga kredit,
deposito, tabungan, dsb) serta menyatakan bentuk aljabarnya ke dalam berbagai
bentuk penyajian.
§ Melakukan
pengamatan kegiatan perdagangan di pasar, warung, kantin sekolah, kemudian
membuatkan model matematikanya
§ melakukan
pendataan melalui wawancara antar anggota sekolah mengenai pengalaman
transaksi ekonomi (nama barang, harga beli, harga jual), kemudian mengolah
data (untung/rugi) dan mempresentasikannya serta menyimpulkan bersama apa yang dimaksud
pengertian harga jual, beli, untung dan rugi.
§ Menimbang
barang/makanan kemasan yang berisi netto (dalam gram) dengan neraca ohauss
dan membuat tabel yang berisi nilai
berat hasil timbangan(brutto), berat pada kemasan(netto), dan menghitung
selisihnya.
§ Menjelaskan, merumuskan model matematika, memilih
dan menerapkan strategi melalui manipulasi alajabar untuk menyelesaikan
masalah aritmetika social sederhana (seperti masalah harga produksi, jual,
beli, untung, dan rugi, masalah berat neto, bruto, dan tara)
Mengasosiasi
§ Menganalisis
penerapan konsep aljabar yang terkait dalam
aritmatika social sederhana
§
Merumuskan suatu
permasalahan aritmatika social sederhana dengan menggunakan model matematika
Mengomunikasikan
- Menyajikan
secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami,
keterampilan penerapan konsep aljabar dalam menyelesaikan suatu permasalahan
aritmatika sederhana yang dikuasai, contoh masalah yang diselesaikan dengan
bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
- Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
- Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya
|
Tugas
§
Tugas terstruktur: mengerjakan
latihan soal-soal berkaitan dengan aritmatika sosial sederhana
§
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencari informasi sejarah seputar perdagangan
Observasi
§
Mengamati ketelitian, rasa ingin
tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan aritmatika sosial kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
§
Mengerjakan lembar kerja berkaitan
dengan konsep aljabar yang diterapkan dalam masalah
aritmatika social sederhana
§
Menilai keterampilan menyelesaikan suatu permasalahan yang melibatkan konsep aljabar
|
10 JP
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud, Peristiwa sehari-hari,
lingkungan.
Uang mainan, barang di sekolah
|
3.7. Mendeskripsikan
lokasi benda dalam koordinat Cartesius;
|
Transformasi
· Bidang Cartesius
|
Mengamati
§
Mengamati gambar/tayangan atau peristiwa, kejadian, fenomena,
konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan koordinat Cartesius, seperti letak sebuah benda di suatu lokasi, posisi masing-masing pion pada
papan catur.
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya: misal bagaimana seorang nahkoda kapal menentukan arah
perjalanannya ketika sedang berlayar? Mengapa koordinat Cartesius digunakan
dalam keseharian? Dalam apa saja digunakan koordinat Cartesius? Apa manfaat
penggunaan bidang koordinat Cartesius dalam kehidupan sehari-hari? bagaimana
menentukan posisi suatu benda?
§
Siswa termotivasi untuk
mempertanyakan berbagai penerapan koordinat
Cartesius,
misal: apa itu bidang Cartesius? Bagaimana cara menetapkan acuan letak suatu benda di muka bumi?
Bagaimana peran satelit dalam menentukan letak benda secara persis secara
relative dengan benda lainnya? Apa hubungannya dengan garis lintang dan
bujur?
Mengeksplorasi
§ Melakukan
pengamatan di lingkungan sekolah kemudian membuatkan denah lokasi tersebut
dan mampu menunjukan letak posisi suatu benda pada denah yang digambarkan
§ Mendengar deskripsi atau mendeskripsikan letak benda
atau jarak suatu tempat dan posisi relatifnya dengan benda atau objek, serta
menggambarnya ke dalam denah/peta
§ Menjelaskan atau mendeskripsikan pengertian, manfaat,
tingkat kepentingan dan aspek kepraktisan system koordinat untuk
menggambarkan posisi benda dengan benda lainnya
§ Melakukan
diskusi untuk menggambar
bangun datar pada bidang koordinat Cartesius, menentukan posisi suatu benda pada sebuah denah, titik, garis pada bidang Cartesius
Mengasosiasi
§
Menganalisis dan merumuskan cara termudah membuat denah letak suatu benda,
bangun datar ataupun ojek lainnya
§
Membahas atau mengenal
system koordinat lainnya (misal koordinat polar)
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan menentukan letak suatu benda pada bidang Cartesius,
contoh menyebutkan letak suatu titik, garis, dan bangun
datar pada bidang Cartesius
§
Memberikan tanggapan hasil
presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan
informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap
|
Tugas
§
Tugas terstruktur: mengerjakan
latihan soal-soal berkaitan dengan koordinat Cartesius
§
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencari informasi seputar penerapan Cartesius dalam kehidupan
sehari-hari
Observasi
§
Mengamati ketelitian, rasa ingin
tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan koordinat cartesius kemudian
disusun, didiskusikan dan
direfleksikan
Tes
§
Mengerjakan lembar kerja berkaitan
dengan lokasi benda pada bidang Cartesius
§
Menilai keterampilan memecahkan permasalahan yang melibatkan bidang Cartesius
|
10 JP
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud
, Peristiwa sehari-hari, lingkungan.
Uang mainan, barang di sekolah\
|
3.9.
Memahami konsep transformasi
(dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan obyek-obyek geometri;
4.5. Menyelesaikan
permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik;
4.6
Menerapkan prinsip-prinsip
transformasi (dilatasi, translasi, pencerminanan, rotasi) dalam menyelesaikan
permasalahan nyata.
|
Transformasi
· Translasi (Pergeseran)
· Refleksi (Pencerminan)
· Rotasi (Perputaran)
· Dilatasi (Perkalian)
|
Mengamati
§
Mengamati gambar/tayangan/peristiwa, kejadian, fenomena,
konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan transformasi, seperti bayangan
pada sebuah cermin, hasil pembesaran atau pengecilan sebuah photo, jarak yang
ditempuh suatu kendaran dari tempat semula, dan lain sebagainya
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya: misal bagaimana cara menggambarkan
sebuah bayangan pada cermin ? Mengapa
transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) sangat diperlukan
dalam kehidupan sehari-hari? Apa manfaatnya?
§
Siswa termotivasi untuk
mempertanyakan berbagai penerapan transformasi,
misal: bagiamana jika dalam kehidupan tak ada
transformasi?Bagaimana seorang nahkoda dalam menentukan arah yang kan
dilalui, dsb
Mengeksplorasi
§ Membahas, berdiskusi dan menjelaskan konsep, ciri-ciri transformasi
geometri berupa dilatasi (perkalian,
perbesaran, kontraksi, kompresi), translasi (pergeseran/ perpindahan), refleksi
(pencerminan)
dan rotasi (perputaran) dan komposisinya dengan bantuan diagram/gambar atau perangkat IT
§ Menjelaskan, menggambarkan dan menentukan hasil bayangan
pencerminan pada bidang Cartesius; hasil
translasi suatu titik; hasil rotasi suatu titik, garis, dan
bangun datar; hasil dilatasi
suatu
titik, garis, dan bangun datar dari hasil dilatasi
§ Menjelaskan, menggambarkan dan menentukan hasil komposisi tranformasi suatu titik, garis, dan bangun datar
Mengasosiasi
§ Menganalisis
persamaan dan perbedaan serta merumuskan sifat dilatasi,
translasi, pencerminan dan rotasi
§ Menganalisis hasil dari dilatasi dengan berbagai posisi titik pusat
§ Menganalisis hasil dari rotasi
dengan berbagai posisi titik pusat
§ Mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan transformasi geometri
Mengkomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan menentukan hasil transformasi (dilatasi, translasi,
pencerminan dan rotasi) yang dikuasai, contoh masalah yang diselesaikan
dengan bahasa yang jelas, sederhana, dan sistematis
§
Memberikan tanggapan hasil
presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan
informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan resume secara lengkap, komprehensif
dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh
maupun sikap lainnya
|
Tugas
§
Tugas terstruktur: mengerjakan
latihan soal-soal yang berkaitan dengan transformasi
§
Mencari informasi penggunaan transformasi dalam kehidupan sehari-hari
Observasi
§
Mengamati ketelitian, rasa ingin
tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan transformasi (translasi, refleksi,
rotasi, dan dilatasi) kemudian
disusun, didiskusikan dan
direfleksikan
Tes
§
Mengerjakan lembar kerja berkaitan
dengan translasi
§
Menilai keterampilan memecahkan
masalah secara tertulis
|
20 JP
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud, lingkungan.
Alat perag bangun datar
|
3.11
Memahami teknik penataan data dari dua variabel
menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis
4.8. Mengumpulkan,
mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk
tabel, diagram, dan grafik
|
Statistika
·
Pengertian Data
·
Pengumpulan Data
·
Pengolahan data
·
Penyajian Data
|
Mengamati
§
Mengamati gambar/foto/tayangan/peristiwa, kejadian, fenomena,
konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan data, contoh pengukuran tinggi badan, pengukuran berat badan,
pencacahan jumlah penduduk, tabel, grafik, batang, diagram lingkaran dan
grafik garis,
seperti penggunaan hasil survey lembaga tentang partai
politik, dsb
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya: misal bagaimana cara mendapatkan data jumlah pertumbuhan
penduduk tiap tahun? Mengapa pengolahan data sangat diperlukan dalam
kehidupan sehari-hari?
§
Siswa termotivasi untuk
mempertanyakan berbagai aspek statistik,
misal: bagaimana keandalan data untuk memprediksi suatu
peristiwa, bagaimana menentukan peluang kejadian tertentu, dsb
Mengeksplorasi
§
Menjelaskan berbagai
informasi dari suatu objek atau benda misal: warna, bentuk, bahan, asal, nama
dan sebagainya.
§
Membahas, memberi
contoh, dan mendeskripsikan populasi sebagai sekumpulan data yang memiliki
karakteristik sama dan menjadi objek inferensi, penggambaran atau deskripsi
dari populasi tersebut, misal: populasi siswa, hewan, perangkat/perkakas
benda.
§
Menjelaskan dan
mendeskripsikan data sebagai informasi yang dicatat dan dikumpulkan berupa
hasil hitungan atau pengukuran dari suatu objek atau benda misal: berat,
ukuran, tinggi, lebar, volume, dan sebagainya
§
Berdiskusi dan menyusun
lembar isian, formulir, atau kuesioner serta melakukan pengumpulan
suatu data dengan cara pengukuran, pengamatan, dan
pencacahan untuk mendapatkan data dan informasi dari beberapa
teman sekelas, misal: nama, usia, berat dan tinggi badan, tempat dan tanggal
lahir, jumlah saudara, dsb
§
Menyajikan hasil
pengumpulan data ke bentuk table biasa, table frekuensi, diagram batang,
garis dan lingkaran, grafik dengan menggunakan skala serta dilengkapi
keterangan dan judul yang tepat
§ Secara
berkelompok melakukan demonstrasi
dalam mengumpulkan, dan mengklasifikasi data tunggal yang berasal dari
kehidupan sehari-hari, misalkan mengukur tinggi badan, menimbang berat badan,
mencacah jumlah keluarga, mengukur panjang daun, menghitung banyaknya
kendaraan yang melintas di perempatan dalam jangka waktu tertentu dengan penuh tanggung jawab.
§ Menjelaskan
dan mendeskripsikan pengertian
data tunggal, mengolah dan
menyajikannya dalam bentuk tabel atau diagram secara mandiri
§ Mengolah, mengurutkan, mengklasifikasi dan menyajikan data berkelompok dan tidak berkelompok (tunggal) untuk menentukan deskripsi
data seperti ukuran pemusatan (rata-rata, median, modus, kuartil), ukuran
penyebaran data (range/jangkauan, simpangan kuartil, simpangan rata-rata,
simpangan baku) ataupun mendeskripsikan table atau grafik agar lebih mudah
dibaca dan dimaknai
§ Mengolah, mengurutkan, mengklasifikasi dan menyajikan data berkelompok dan tidak berkelompok (tunggal) untuk melakukan
inferensi seperti memprediksi nilai
observasi masa depan berdasarkan perilaku data, menentukan hubungan antar
data, atau menafsirkan dan mengambil keputusan berdasar analisis data
§ Mencari
informasi bagaimana menyajikan data dalam bentuk diagram dengan perangkat pengolah kata dan pengolah data dengan teliti. Kemudian, Peserta Didik
membuat sembarang data dan menyajikannya dalam bentuk diagram batang, garis,
atau lingkaran (simulasi program komputer)
Mengasosiasi
§ Mengidentifikasi, menganalisis dan menyimpulkan
jenis hasil pengumpulan data dari berbagai objek, misal: data jenis kelamin, agama,
warna kulit, dsb; data tingkat pendidikan,
tingkat kepuasan, dsb; data
tahun, temperature, dsb; dan data pengukuran ukuran benda, tinggi, dsb
§ Mengidentifikasi, menganalisis dan menyimpulkan
perbedaaan dan persamaan hasil penafsiran, deskripsi atau statistic dari dua
kelompok data sejenis atau apabila objek pengumpulan data dipilih dengan
kriteria tertentu
§ Menganalisis dan memberi penjelasan alasan proses
pembacaan data yang paling mudah, apakah dengan tabel, diagram, atau grafik.
Mengkomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan pengolahan data yang dikuasai, contoh bagaimana cara melakukan pengolahan data dari hasil pengukuran,
pencacahan, dan lain sebagainya
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan penyajian datadalam bentuk
tabel, diagram, dan grafik, contoh bagaimana cara melakukan penyajian data dari hasil pengukuran, pencacahan,
dan lain sebagainya.
§
Memberikan tanggapan hasil
presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan
informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya.
|
Tugas
§
Tugas terstruktur: mengerjakan
latihan soal-soal berkaitan dengan data
§
Tugas mandiri tidak terstruktur:
melakukan survei suatu data
Observasi
§
Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu
dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan statistika terutama penyajian dan
pengolahan kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Tes
§
Mengerjakan lembar kerja berkaitan
dengan pengolahan data, penyajian data.
§
Menilai keterampilan memecahkan
masalah yang melibatkan penyajian data
|
15 JP
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud,
Data sehari-hari, lingkungan.
Data faktual
|
3.10.
Menemukan peluang empirik dari data
luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan
sekelompok data;
4.9
Melakukan percobaan untuk menemukan
peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya
dalam bentuk tabel dan grafik.
|
Peluang
·
Ruang sampel
·
Pengertian Peluang
·
Komplemen Kejadian
|
Mengamati
§
Mengamati gambar/tayangan peristiwa, kejadian, fenomena,
konteks atau situasi yang berkaitan dengan peluang
empirik,
seperti peluang munculnya angka pada pelemparan sebuah koin,
peluang munculnya angka pada kuis, dan peluang pengambilan sebuah kelereng
pada sebuah kotak.
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya: misal bagaimana kemungkinan besok
terjadi hujan?
Berapa kemungkinan seorang nasabah dating ke bank
dalam sebulan? dsb
§
Siswa termotivasi untuk
mempertanyakan seputar peluang, misal: bagaimana
alasan, ciri atau sifat peristiwa atau kejadian yang bersifat pasti, memiliki
peluang tinggi atau rendah, atau tidak berpeluang sama sekali?
Mengeksplorasi
§ Membahas, mendiskusikan dan menjelaskan berbagai kejadian sehari-hari
yang bersifat pasti terjadi, tidak mungkin terjadi, dan mungkin terjadi
dikaitkan dengan peluang kejadian.
§ Membahas, mendiskusikan dan menjelaskan berbagai kejadian sehari-hari
yang bersifat acak atau random, yaitu kejadian yang hasilnya atau terjadinya
tidak dapat dipengaruhi atau dikondisikan dan tidak acak dikaitkan dengan
peluang kejadian.
§ Menjelaskan dan mendeskripsikan probabilitas atau peluang secara
sederhana (klasik) melalui percobaaan atau eksperimen statistic melempar uang
logam atau koin, dadu, dsb, terjadinya muka koin pertama atau kedua, atau
terjadinya muka dadu berangka 1, 2, 3, 4, 5, atau 6, dari sejumlah pelemparan
serta mencatat hasil kejadiannya ke dalam table
§ Menjelaskan berdasarkan hasil berbagai percobaan dan melalui contoh
pengertian ruang sample sebagai kumpulan semua kejadian mungkin terjadi dari
percobaan serta titik sampel yang merupakan kejadian sebagai unsur, elemen
atau anggota dari ruang sample, melalui diagram atau cara lainnya
§ Mendalami lebih lanjut, dengan berkelompok melakukan
percobaan lainnya misal mengambil bola dengan berbagai warna
dan jumlah tertentu dari sebuah kantong kemudian siswa diminta
mengambil salah satu bola secara acak, siswa
menebak bahwa
bola yang kemungkinan besar terambil adalah bola warna kuning. Kemudian, siswa
menanggapi benar atau tidaknya pernyataan tersebut sambil memberikan
alasannya secara demokratis.
§ Menjelaskan dan mendeskripsikan probabilitas atau peluang secara
empirik melalui melempar berkali-kali sampai tak terhingga uang logam atau
koin, dadu, dsb, kemudian mencatat frekuensi relative terjadinya muka koin
pertama atau kedua, atau terjadinya muka dadu berangka 1, 2, 3, 4, 5, atau 6,
serta disajikan ke dalam table
Mengasosiasi
§ Mendiskusikan, menganalisis dan menyimpulkan melalui contoh serta
mengujinya melalui percobaan tentang konsep peluang secara logis/aksiomatik
sebagai rasio atau perbandingan dari jumlah cara terjadinya suatu peristiwa
dibagi dengan jumlah cara terjadi semua kejadian.
§ Mengidentifikasi, menganalisis dan mendeskripsikan konsep peluang
sebagai tingkat kemungkinan suatu peristiwa terjadi berdasarkan faktor-faktor kualitatif, pengalaman dengan situasi
yang serupa atau intuisi tertentu, misal: peluang seorang calon bupati terpilih adalah
60%, dsb
§ Mendiskusikan, menganalisis dan menyimpulkan arti peluang suatu
kejadian bernilai 0, antara 0 dan 1, dan bernilai 1
§ Menganalisis dan merumuskan peluang empiric berdasarkan hasil
percobaaan
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan menentukan peluang, contoh mencari peluang emprik dari suatu percobaan.
§
Memberikan tanggapan hasil
presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan
informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya
Mengamati
§
Mengamati gambar/tayangan peristiwa, kejadian, fenomena,
konteks atau situasi yang berkaitan dengan peluang
empirik,
seperti peluang munculnya angka pada pelemparan sebuah koin,
peluang munculnya angka pada kuis, dan peluang pengambilan sebuah kelereng
pada sebuah kotak.
Menanya
§
Guru dapat memotivasi siswa dengan
bertanya: misal bagaimana kemungkinan besok
terjadi hujan?
berapa kemungkinan seorang nasabah dating ke bank
dalam sebulan? dsb
§
Siswa termotivasi untuk
mempertanyakan seputar peluang, misal: bagaimana
alasan, ciri atau sifat peristiwa atau kejadian yang bersifat pasti, memiliki
peluang tinggi atau rendah, atau tidak berpeluang sama sekali?
Mengeksplorasi
§ Membahas, mendiskusikan dan menjelaskan berbagai kejadian sehari-hari
yang bersifat pasti terjadi, tidak mungkin terjadi, dan mungkin terjadi
dikaitkan dengan peluang kejadian.
§ Membahas, mendiskusikan dan menjelaskan berbagai kejadian sehari-hari
yang bersifat acak atau random, yaitu kejadian yang hasilnya atau terjadinya
tidak dapat dipengaruhi atau dikondisikan dan tidak acak dikaitkan dengan
peluang kejadian.
§ Menjelaskan dan mendeskripsikan probabilitas atau peluang secara
sederhana (klasik) melalui percobaaan atau eksperimen statistic melempar uang
logam atau koin, dadu, dsb, terjadinya muka koin pertama atau kedua, atau
terjadinya muka dadu berangka 1, 2, 3, 4, 5, atau 6, dari sejumlah pelemparan
serta mencatat hasil kejadiannya ke dalam table
§ Menjelaskan berdasarkan hasil berbagai percobaan dan melalui contoh
pengertian ruang sample sebagai kumpulan semua kejadian mungkin terjadi dari
percobaan serta titik sampel yang merupakan kejadian sebagai unsur, elemen
atau anggota dari ruang sample, melalui diagram atau cara lainnya
§ Mendalami lebih lanjut, dengan berkelompok melakukan
percobaan lainnya misal mengambil bola dengan berbagai warna
dan jumlah tertentu dari sebuah kantong kemudian siswa diminta
mengambil salah satu bola secara acak, siswa
menebak bahwa
bola yang kemungkinan besar terambil adalah bola warna kuning. Kemudian, siswa
menanggapi benar atau tidaknya pernyataan tersebut sambil memberikan
alasannya secara demokratis.
§ Menjelaskan dan mendeskripsikan probabilitas atau peluang secara
empirik melalui melempar berkali-kali sampai tak terhingga uang logam atau
koin, dadu, dsb, kemudian mencatat frekuensi relative terjadinya muka koin
pertama atau kedua, atau terjadinya muka dadu berangka 1, 2, 3, 4, 5, atau 6,
serta disajikan ke dalam table
Mengasosiasi
§ Mendiskusikan, menganalisis dan menyimpulkan melalui contoh serta
mengujinya melalui percobaan tentang konsep peluang secara logis/aksiomatik
sebagai rasio atau perbandingan dari jumlah cara terjadinya suatu peristiwa
dibagi dengan jumlah cara terjadi semua kejadian.
§ Mengidentifikasi, menganalisis dan mendeskripsikan konsep peluang
sebagai tingkat kemungkinan suatu peristiwa terjadi berdasarkan faktor-faktor kualitatif, pengalaman dengan situasi
yang serupa atau intuisi tertentu, misal: peluang seorang calon bupati terpilih adalah
60%, dsb
§ Mendiskusikan, menganalisis dan menyimpulkan arti peluang suatu
kejadian bernilai 0, antara 0 dan 1, dan bernilai 1
§ Menganalisis dan merumuskan peluang empiric berdasarkan hasil
percobaaan
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis dan lisan
hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau
tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami, keterampilan menentukan peluang, contoh mencari peluang emprik dari suatu percobaan.
§
Memberikan tanggapan hasil
presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan
informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan resume secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang
diperoleh maupun sikap lainnya
|
Tugas
§
Tugas terstruktur: mengerjakan
latihan soal-soal berkaitan dengan peluang
§
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencari informasi sejarah peluang dan
penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Observasi
§
Mengamati ketelitian, rasa ingin
tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan
bahan dan literatur berkaitan dengan peluang kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
§
Mengerjakan lembar kerja berkaitan
dengan peluang, menentukan peluang, menentukan peluang
empirik
§
Menilai keterampilan menyelesaikan permasalah yang melibatkan peluang
|
15 JP
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud, lingkungan.
Alat peraga koin, dadu, benda lainnya
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar